4 Skill Penting dikuasai untuk sukses bisnis online

Skill Wajib untuk anda yang ingin sukses bisnis online

Semua orang juga sudah tahu bahwa Internet menyimpan sejuta potensi siap untuk kita ekploitasi. Dari tahun ke tahun pengguna internet Indonesia terus meningkat.

Tidak hanya pengguna internet yang meningkat. Budaya konsumen Indonesia juga berubah. Jika selama ini sebagian besar konsumen harus melihat dan memegang barang dulu, baru kemudian beli. Maka saat ini mereka tidak harus melihat barang fisik secara langsung, tapi mereka sudah yakin bahwa barang tersebut sesuai dengan harapan mereka.

Tidak itu saja. Budaya googling dulu sebelum membeli barang juga menjadi kebiasaan sebagian besar pengguna internet Indonesia.

Tentu saja potensi pasar yang besar ini sangat sayang jika tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan pembeli baru dan menambah pelanggan baru dari bulan ke bulan.

Besarnya potensi pasar internet, maka mendorong banyak orang untuk mencoba peruntungan mereka di Internet. Ada yang berhasil dan tidak sedikit pula yang akhirnya balik kanan.

Nah, jika anda ingin menguasai pasar online ini. Maka anda wajib menguasai keterampilan dasar pemasaran online. Beberapa diantaranya adalah :

Melihat potensi pasar

Skill pertama yang harus anda kuasai adalah skill melihat potensi pasar. Berjualan secara online pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan berjualan secara offline. Walaupun jualan secara online jauh lebih mudah dan murah dibandingkan jualan offline.

Anda harus mampu melihat kebutuhan masyarakat online. Apa yang mereka cari secara online. Apakah mereka mencari barang atau mencari jasa.

Selain itu, anda juga harus bisa mengukur potensi pasar. Apakah potensinya menjanjikan atau hanya trend sesaat saja.

Artinya, anda harus memulai pemasaran online dengan melihat potensi yang anda pada pasar online. Semakin jeli anda melihat potensi pasar, maka semakin besar peluang anda untuk sukses dalam pemasaran online.

Bisa membuat website sendiri (optional)

Sebenarnya skill membuat website sendiri adalah skill yang sifatnya optional. Artinya anda tidak harus menguasainya. Namun, jika memungkinkan bagi anda untuk menguasainya, kenapa tidak.

Mampu membuat website sendiri akan membantu dan memudahkan anda dimasa depan. Ini sudah saya rasakan sendiri. Disamping menghemat uang anda. Bisa membuat website sendiri juga sangat menghemat waktu. Kita tidak tergantung pada web developer.

Anda bisa belajar secara autodidak seperti yang saya lakukan dulu. Saya setidaknya belajar sekitar 2 tahunan untuk bisa mahir membuat website menggunakan platform WordPress.

Namun, jika anda ingin memangkas waktu belajar anda. Kami menyarankan agar anda mengikuti kursus membuat website. Baik online maupun offline. Saat ini banyak sekali kursus membuat website yang bisa anda ikuti.

Menguasai cara mendatangkan trafik

Saya anggap anda sudah bisa membuat website sendiri. Selanjutnya, kita juga harus menguasai cara mendatangkan pengunjung ke website kita. Karena tidak ada gunanya website and ajika tidak ada orang yang berkunjung.

Tidak ada orang yang berkunjung ke website anda sama halnya dengan tidak ada penjualan. Jika ini yang terjadi, tentu target anda untuk meningkatkan penjualan dan jumlah pelanggan baru akan menjadi mimpi belaka.

Oleh karenanya, anda harus berupaya untuk mendatangkan pengunjung ke website anda. Ada banyak metode atau cara mendatangkan pengunjung ke website kita. Beberapa diantaranya adalah :

Metode Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah metode mendatangkan pengunjung dengan cara mengoptimasi mesin pencari seperti google, bing dan yahoo sehingga website kita mendapatkan peringkat yang bagus di mesin pencari tersebut (Rank 1-10). Jika rankingnya bagus, maka pengunjung organik akan berdatangan ke website kita.

Mendatangkan pengunjung menggunakan Teknik SEO merupakan cara lama yang masih digunakan hingga saat ini. Sejauh ini, penulis sangat yakin semua marketer online menggunakan SEO untuk mendatangkan pengunjung dari mesin pencari seperti google.

Jika dibandingkan dengan pengunjung yang didatangkan menggunakan metode lain, maka pengunjung yang datang menggunakan metode SEO ini adalah pengunjung yang paling bagus dan berkualitas. Istilah lainnya adalah Hot Traffik.

Hanya saja, proses SEO tidak semudah membalikan telapak tangan. Dibutuhkan waktu, tenaga dan pengetahuan yang memadai untuk bisa melakukannya.

Itulah mengapa saat ini banyak kita temui para pakar SEO yang menawarkan Jasa SEO kepada para pemilik bisnis. Karena hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukan SEO dengan benar.

Sebenarnya SEO ini bisa anda pelajari juga. Sama halnya dengan membuat website, anda bisa belajar secara autodidak. Banyak sekali sumber belajar yang bisa anda manfaatkan. Terutama di Youtube.

Tapi, belajar sendiri seringkali justru membuat kita pusing dan kehilangan focus. Karena kita belajar tanpa arah yang jelas. Itulah mengapa kami sangat menyarankan agar anda mengikuti kursus SEO saja jika ingin menguasai Teknik-teknik SEO. Lebih terstruktur dan lebih terarah.

Google Adword

Jika anda ingin mendatangkan pengunjung secara instan, maka anda bisa menggunakan Google Adword. Antara Google Adword dan SEO sebenarnya memiliki kesamaan, yakni : sama-sama mendatangkan pengunjung dari mesin pencari seperti Google.

Perbedaan yang paling mencolok antara SEO dan Google Adword adalah dari sisi biaya. Jika SEO bisa anda lakukan sendiri tanpa membayar siapapun, berbeda dengan Google Adword. Menggunakan Google Adword anda harus membayar Google agar website anda tampil di halaman 1 Google.

Sama halnya dengan SEO. Menggunakan Google Adword juga dibutuhkan pengetahuan teknis untuk bisa menjalankannya. Hanya saja, tidak serumit SEO. Ada banyak sekali tempat belajar Google Adword gratisan. Termasuk di Youtube.

Facebook Ads

Sepengetahuan penulis. Facebook Ads ini baru booming dan banyak digunakan sebagai sumber trafik oleh pebisnis online Indonesia adalah sejak tahun 2014. Walaupun tahun tahun sebelumnya juga sudah ada yang menggunakan Facebook Ads, tapi belum booming seperti tahun 2014.

Banyak sekali Internet Marketer yang berhasil dan sukses dengan trafik yang berasal dari Facebook Ads. Sebagian dari mereka ada yang menjadi Milionaire hanya dengan menggunakan Facebook Ads ini.

Mendatangkan pengunjung dari Facebook juga membutuhkan kemampuan teknis. Anda harus tahu siapa target market anda, usianya berapa, jenis kelaminnya dan data-data penting lainnya.

Sebenarnya, masih banyak cara mendatangkan pengunjung yang bisa anda coba. Hanya saja saya tidak akan membahasnya pada kesempatan ini.

Tahu cara mengkoversi trafik menjadi pembeli

Setelah anda punya website yang ramai pengunjung, langkah berikutnya adalah mengkonversi pengunjung tersebut menjadi pembeli.

Nah, ini adalah bagian yang sangat krusial dan penting. Karena jika kita gagal pada tahap ini, maka usaha kita dalam mendatangkan pengunjung menggunakan metode SEO, Google Adword maupun Facebook Ads akan sia-sia saja.

Lalu, skill apa saja yang harus anda kuasai agar konvesi website anda bagus dan sesuai dengan yang anda harapkan? Beberapa diantaranya adalah copywriting, foto produk, dan ilmu closing.

Untuk ilmu diatas, saya menyarankan anda untuk belajar secara langsung pada gurunya. Tidak dianjurkan belajar secara autodidak. Walaupun sebenarnya anda juga bisa belajar sendiri.
Menguasai cara agar pembeli berubah jadi pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *