Belajar cara membuat website

Bicara tentang pemasaran online, maka sesungguhnya kita sedang bicara tentang cara berkomunikasi di era digital. Jika dulu kita berkomunikasi secara face to face, maka saat ini kita bisa mewakilkan melalui media.

Jika dulu untuk menawarkan sesuatu pada calon konsumen, kita harus ketemu dan menjelaskannya secara gamblang, maka saat ini semua itu bisa diwakili oleh media.

Bahkan tak dibatasi oleh waktu dan tempat.

Selama anda calon konsumen anda punya koneksi internet, maka penawaran anda bisa mereka akses darimanapun dan kapanpun. 24 jam nonstop.

Media pemasaran online yang anda butuhkan

Website. Benar sekali. Website bisa membantu anda. Dia dengan senang hati akan terus memasarkan produk anda selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Nonstop.

Calon pelanggan anda bisa mengakses informasi produk maupun jasa anda kapanpun mereka mau. Walaupun saat anda sedang tidur pulas.

Masalahnya, membuat website itu sulit. Biaya bayar jasa pembuatan website juga sangat mahal. Belum lagi biaya perawatannya. Benarkah seperti itu?

Tidak salah. Tapi tidak sepenuhnya benar.

Jika anda mau, anda bisa membuat website anda sendiri. Ini berarti, anda telah menghemat biaya jasa pembuatan website, termasuk biaya perawatannya.

Lalu, bagaimana caranya agar anda bisa membuat website sendiri.

Satu-satunya caranya adalah anda harus belajar membuat website. Apalagi kami dari Kaffah Academy sudah menyediakan kursus membuat website gratis melalui halaman ini.

Sekarang saatnya anda belajar.

Mulai dari mana . . .

Baik. Kami tidak akan membuat anda bingung dan kerepotan dengan penjelasan panjang. To the point, berikut ini adalah beberapa hal dasar sebelum anda memulai membuat website pertama anda.

#1. Membeli Domain

Jika anda belum tahu apa itu domain dalam dunia internet marketing, kami akan coba berikan analogi singkat dan simple kepada anda.

Jika anda diminta guru untuk menjenguk teman sekelas yang sakit, kira-kira apa yang butuhkan untuk bisa sampai ke rumah teman anda tersebut?

Alamat. Ya. Anda butuh alamat rumah sahabat tersebut.

Nah, begitu juga ketika seseorang anda minta untuk membuka website anda, maka mereka butuh alamat website. Dan domain adalah alamat websitenya. Nama domain ini bisa mereka ketikan di jendela browser untuk mengunjunginya.

Menariknya, nama domain ini bisa anda pilih sesuka hati anda, selama nama domain tersebut belum didaftarkan oleh orang lain, maka anda bisa mendaftarkannya.

Beberapa contoh nama domain yang sudah didaftarkan adalah : Kaffahacacdemy.com, Google.com, Facebook.com dan Twitter.com.

Untuk harga nama domain ini sangat bervariasi. Sesuai dengan extension yang anda pilih dan dimana anda mendaftarkan nama domain tersebut.

Jika anda mendaftarkan di registrar luar, maka anda harus bayar menggunakan dollar. Sedangkan, jika mendaftarkannya di registrar lokal, anda bisa membayarnya menggunakan rupiah.

Untuk teknis cara mendaftarkan nama domain baru akan kami bahas secara lengkap melalui video tutorial cara mendaftarkan nama domain. Silahkan mendaftar secara gratis untuk mendapatkan aksesnya.

Saat ini, harga nama domain di registrar lokal berkisar antara 80ribu – 150ribuan. Bahkan bisa lebih murah jika mereka sedang mengadakan promo domain murah.

Sementara harga nama domain untuk registrar luar berkisar antara $8 hingga $15 pertahun untuk domain baru didaftarkan.

Jika anda sudah punya nama domain yang ingin didaftarkan, segeralah daftarkan sebelum diambil oleh orang lain.

#2. Menyewa Hosting

Jika nama domain adalah alamat rumahnya (nama jalan, nomor rumah dan lain sebagainya), maka hosting adalah rumah itu sendiri. Ruang dimana sahabat anda tinggal.

Dalam dunia website. Hosting digunakan untuk menyimpan file-file website, sehingga website tersebut bisa diakses oleh siapapun dimanapun selama mereka memiliki koneksi internet.

Layaknya rumah, hosting juga memiliki ukuran yang berbeda antara tipe yang satu dengan yang lainnya. Bahkan, besar kecilnya ruang/space hosting yang anda beli sangat menentukan harga yang harus anda bayarkan pada pemilik hosting.

Oleh karenanya, anda harus bijak dalam menyewa hosting. Sesuaikan dengan kebutuhan anda saat ingin membuat website.

Untuk informasi tentang cara menyewa hosting serta penjelasan lebih lengkap tentang jenis-jenis hosting, silahkan tonton pada video tutorial yang sudah kami sediakan.

Kami juga menyediakan halaman khusus yang membahas tenteng tips cara memilih hosting yang tepat untuk website anda. Silahkan kunjungi, baca dan pahami dengan baik.

#3. Menginstall WordPress

Setelah anda membeli nama domain, menyewa hosting sesuai dengan kebutuhan serta melakukan pointing nama domain ke hosting dengan mengganti name servernya, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress di hosting anda.

Sangat mudah sekali. Silahkan anda tonton video tutorial cara menginstal CMS WordPress untuk pemula untuk mengetahui cara menginstal yang benar. Anda hanya butuh waktu sekitar 30 – 45 menit saja.

Pengaturan Website WordPress.

Setelah anda berhasil menginstal website WordPress pertama anda, kita lanjutnyan dengan melakukan beberapa pengaturan terhadap website baru anda.

Permalink

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur permalink dari website anda. Ada banyak sekali model permalink yang bisa anda gunakan.

Untuk lebih jelas, silahkan lihat gambar dibawah ini:

 

Banyak pemul yang bingung. Mereka harus memulai dari mana. Ini sangat wajar. Saya sendiri awalnya juga bingung harus mulai dari mana.

Tapi, dengan adanya panduan gratis ini tentu saja anda tidak perlu bingung lagi.

Saran kami, mulailah belajar membuat website menggunakan WordPress. Karena diluaran sana ada banyak sekali platftom yang bisa anda gunakan untuk membuat website tanpa harus mengerti dengan pemograman, termasuk desain.

Dari banyak platform yang bisa anda gunakan, sejauh ini platftom yang paling mudah dan banyak digunakan adalah WordPress. Jadi, mulailah belajar tentang WordPress.

WordPress.Org  Vs WordPress.com

Selanjutnya, yang juga sering membuat pemula bingung adalah platform wordpress itu sendiri ternyata adalah dua. Pertama wordpress.org dan yang kedua wordpress.com.

Anda harus menggunakan yang mana. Yang pertama atau yang kedua.

Baik, kita akan bahas satu persatu.

WordPress.org –

WordPress.org adalah platform pembuatan website yang bersifat open source dan bisa anda install di hosting anda sendiri tanpa harus membeli program WordPress tersebut.

Menggunakan platform wordpress.org ini anda bisa membuat website profesional sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda.

Salah satu keunggulan dari WordPress.org ini adalah kustomisasinya. Kita dengan mudah dan praktis bisa melakukan kustom sesuai dengan kebutuhan menggunakan plugin dan themes yang banyak tersedia. Berbayar maupun gratisan.