Belajar dari Kegagalan

belajar dari kegagalan

Gagal dan Sukses ada Rule of the Game-nya

Untuk hal apa pun, pasti ada trial-error-nya, apalagi dalam dunia bisnis. Dalam dunia bisnis online pun tidak segalanya berhasil, tumbuh, dan berkembang. Pasti ada pasang-surutnya. Terutama dalam dunia bisnis dan promosi yang menggunakan platform online, Internet. Perkembangannya sangat cepat sekali. Ada yang berhasil dan ada juga yang gagal dan bangkrut, itu hal wajar.

Untuk tidak terlindas oleh kebangkrutan memang ada rule of the game-nya. Anda harus belajar dan menghindari berbagai macam kesalahan dan mitos-mitos apa saja yang membuat suatu bisnis dan pemasaran online tidak efektif.

Anda tidak harus belajar dari pengalaman pahit pribadi, tetapi cukup lewat pengalaman pahit orang lain dan realitas yang Anda harapkan dengan berbisnis dan promosi lewat media online, Internet.

Mitos-mitos yang berkembang dalam pikiran pemula sebagai salah satu pemicu gagal

Mitos bisnis online lebih mudah dan membuat cepat kaya umumnya tertanam di pikiran para newbie.  Hal ini dapat dipahami karena sebagian besar iklan-iklan yang menawarkan produk atau panduan dalam berbisnis via internet terlihat “bombastis”, sepertinya mudah dijalankan, tetapi begitu mengikuti langkah-langkah dalam panduan tersebut, maka mulailah masalah demi masalah dan rintangan bermunculan.

Pada dasarnya iklan-iklan tersebut salah besar mengatakan ini karena sebenarnya bisnis offline dan online sama-sama tidak mudah dan sama-sama memerlukan kerja keras, cekatan, dan kecerdikan.

Baca juga:

Sebelum berbisnis offline, Anda harus menganalisis SWOT Anda atau SWOT kompetitor Anda, bukan? Namun, itulah yang lupa dan tidak dilakukan oleh para pebisnis yang merambah ke dunia online. Mereka pikir, dengan membuat situs web yang hebat, pengunjung pasti akan langsung membeli barang atau jasa mereka.

Padahal tidak begitu adanya. Tentu saja mereka harus mempromosikan website tersebut terlebih dahulu. Karena website hanyalah ibarat toko yang anda sewa. Jika tidak anda perkenalkan kepada teman, sahabat dan siapapun, maka dipastikan tidak akan ada yang akan datang dan tahu produk yang anda tawarkan.

Maka, langkah selanjutnya setelah anda membuat website adalah mempromosikannya. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Mulai dengan menggunakan SEO – Search Engine Optimization, Google Adword, Facebook, aktif di forum-forum serta aktif di sosial media.

Setelah mereka datang, ada beberapa hal lagi yang perlu anda lakukan. Ambil perhatian mereka ketika mereka pertama kali datang ke toko anda (baca: website). Jelaskan tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Tapi ingat, anda tidak perlu menjelaskan fitur-fiturnya, tetapi jelas solusi apa yang anda tawarkan pada mereka.

Layani mereka dengan sebaik-baiknya. Jawab pertanyaan mereka dengan segera. Pastikan mereka nyaman dengan anda. Jika anda melakukannya dengan benar, hampir dipastikan mereka akan membeli produk maupun jasa yang anda tawarkan.

Nah, tahapan diataslah yang banyak tidak dilakukan oleh para pemula. Dan itulah alasan mengapa mereka gagal. Karena mereka berfikir. Hanya dengan membuat website saja, mereka akan kebanjiran order. Itu salah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *