Bandwidth Limit Exceeded & cara mengatasinya

Bandwidth Limit Exceeded & cara mengatasinya

Apa itu Bandwidth Limit Exceeded

Jika anda sudah memiliki website atau ditugasi mengelola sebuah website, mungkin suatu saat anda akan menghadapi masalah ini “Bandwidth Limit Exceeded”. Terutama bagi anda yang memilih paket hosting yang standar (terbatas).

Baca: Tips memilih hosting

Pesan “Bandwidth Limit Exceeded” ini muncul karena bandwidth dari paket hosting yang anda sewa sudah habis.

Misalnya anda menyewa paket hosting dengan kapasitas 200 MB dan Bandwidth 1 GB, maka ketika penggunaan bandwidth anda sudah mencapai angka 1 GB, pesan tersebut akan muncul di halaman website anda.

Untuk anda ketahui juga bahwa pesan tersebut akan muncul hingga bulan berakhir, jika sudah masuk pada bulan berikutnya, maka jatah bandwidth anda akan kembali normal.

Lalu, saja faktor yang membuat bandwidth hosting cepat habis?

#1. Ukuran halaman website anda terlalu besar. Misalnya: 1 MB/Halaman. Jika pengunjung website anda setiap bulannya adalah 1000 pengunjung. Maka banwidth yang terpakai setiap bulannya adalah 1000 pengunjung x 1 MB = 1000 MB atau sekitar 1 GB.

Nah, jika Bandwidth hosting yang anda miliki ini sudah habis, maka akan muncul pesan “Bandwidth Limit Exceeded” dihalaman website anda.

Dari uraian diatas, pemakaian bandwidth berbanding lurus dengan pengunjung website anda. Semakin banyak pengunjung website anda, maka pemakaian bandwidth juga akan semakin besar. Apalagi halaman anda juga menggunakan banyak gambar dan video.

Baca juga : Skill wajib untuk memulai bisnis Online

#2. Mengedit post, pages dan update lainnya. Selain karena jumlah pengunjung yang banyak, bandwidth juga akan cepat habis karena anda sering melakukan revisi terhadap post, pages dan lainnya.

Cara yang paling mungkin yang bisa anda lakukan untuk menghemat bandwidth hosting anda adalah dengan mengurangi ukuran setiap halaman website anda. Jika ukuran halaman anda hanya 0.5 MB dengan kapasitas bandwidth 1 GB maka hosting anda bisa menampung pengunjung hingga 2000 pengunjung setiap bulannya.

Untuk mengurangi ukuran halaman, salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah bijak dalam penggunaan gambar (jangan memasang gambar terlalu banyak pada setiap halaman) atau jangan memasang banner terlalu banyak di sidebar. Termasuk memasang gambar sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Jika anda butuh menampilkan gambar dengan ukuran 800 x 200 px, maka jangan upload gambar dengan ukuran 1600 x 400 px, karena menyebabkan ukuran halaman anda menjadi bertambah.

Setelah anda mencoba mengurangi ukuran setiap halaman, namun belum terlihat perubahan pada bulan berikutnya, maka anda saya anjurkan untuk meningkatkan paket hosting anda, karena ini untuk kasus tertentu harus dilakukan.

Jika paket hosting anda saat ini adalah 1 GB, maka mungkin anda perlu meningkatkannya menjadi 1,5 GB atau 2 GB. Tergantung pada jumlah pengunjung anda saat itu.

Simulasi meningkatkan paket hosting:

Paket Hosting saat ini : 1 GB
Ukuran rata-rata halaman: 0.2 MB
Jumlah pengunjung saat ini: 3000 pengunjung/bulan
Paket hosting yang harus ditambah adalah : (3000 MB x 0.2 MB) – (1000 MB) = 500 MB atau 0.5 GB

Nah, dari hitungan diatas dapat kita simpulkan bahwa anda perlu meningkatkan kapasitas hosting anda minimal 0.5 GB lagi. Walaupun kami sangat menyarankan agar anda menyewa hosting yang lebih besar jumlah bandwidth yang ditawarkan.

Itulah beberapa penjelasan singkat kami terkait dengan “Bandwidth Limit Exceeded”. Mudah-mudahan tulisan singkat ini memberikan pengetahuan baru bagi anda yang baru saja memulai membuat blog maupun website sendiri.

One thought on “Bandwidth Limit Exceeded & cara mengatasinya

  1. Dulu awal-awal buat web bingung juga dengan masalah bandwidth ini.
    Bahkan salah satu website saya ngg diperpanjang karena masalah bandwidth yang sudah habis, sementara pengunjungnya lagi ramai.
    Padahal masalahnya cuma nambah bandwidth aja di tempat sewa hosting.
    Pengalaman yang cukup mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *